Politik luar negri indonesia yang bebas dan aktif


Politik luar negri indonesia yang bebas dan aktif

tahukah kamu apa pengertian politik itu ? Politik adalah hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara. Pengertian politik selalu berkaitan dengan negara, kekuasaan, kebijakan ,dan pengambilan keputusan.

Selanjutnya apa yang di maksud dengan politik luar negri itu ? politik luar negri adalah kumpulan kebijakan untuk mengatur hubungan dengan negara lain yang berpijak kepada kepentingan nasional negara yang bersangkutan. Politik luar negri indonesia yang harus di rancang untuk membantu tercapainya tujaun nasional indonesia. Bagi indonesia, politik luar negri adalah kebijakan, sikap, dan langkah pemerintah republik indonesia yang di ambil dalam melakukan hubungan dengan negara lain.

Perlu di sadari bahwa bangsa indonesia itu tidak mungkin dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidup warga negaranya tanpa berhubungan dengan negara lain. Oleh karenanya hubungan dengan negara lain harus di landasi prinsip persamaan derajat dan kebebasan  menetukan sendiri kebijakan-kebijakan pemerintah dalam melakukan kerja sama atau ikatan degan luar negri, indonesia berlandaskan pada UUD 1945, Yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Politik luar negri indonesia adalah bebas aktif. Apa artinya bebas dan aktif ? Bebas artinya bahwa bangsa indonesia bebas menentukan sikap yang berkaitan dengan dunia internasional. Tidak memihak dan menempuh cara sendiri dalam menangani masalah-masalah internasional. Aktif artinya indonesia ikut memperjuangkan terciptanya perdamaian dunia dan berpartisipasi dalam mengatasi ketengangan internasional.

Indonesia ikut secara aktif dalam mencapai cita-cita bangsa yang tercermin dalam pembukaan UUD 1945. Ikut melaksankan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Tujuan politik luar negri indonesia yang bebas dan aktif adalah sebagai berikut :

1.) Mempertahankan kemerdekaan bangsa indonesia yang telah di raih.
2.) Membina persahabatan antara indonesia dengan semua negara di dunia dengan prinsip bebas dan aktif, antiimperialisme, antikolonialisme, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia atas dasar kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
3.) Menjalin kerja sama dengan negara lain dalam upaya membangun bangsa di bibidang ekonomi, sosial dan budaya
4.) Membentuk masyarakat yang demokratis , adil dan makmur dalam wadah negara kesatuan Republik Indonesia.

Selain mempunyai tujuan, politik luar negri indonesia juga mempunyai landasan untuk berpijak. Landasan-landasan tersebut adalh sebagai berikut.

1.) LANDASAN IDIIL
Landasan idiil adalah pancasila. Bangsa indonesia mengakui semua manusia sebagai ciptaan Tuhan mempunyai martabat yang sama, tanpa memandang asal-usul keturunan. Menolak penindasan manusia oleh manusia lain. Menempatkan persatuan dan kesatuan sebagai sesuatu yang penting. Senang bermusyawarah mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat indonesia.
2.) LANDASAN KONSTITUSIONAL
a.) Pembukaan UUD 1945 alinea pertama yang menyatakan, "Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus di hapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan"
b.) Pembukaan UUD 1945 Alinea keempat yang menyatakan bahwa , "ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial..."
c.) Pasal-Pasal UUD 1945
● Presiden dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat menyatakan perang, membuat perdamaian dan perjanjian dengan negara lain (pasal 11 ayat 1).
● Presiden mengangkat Duta dan konsul (pasal 13 ayat 1).
● Dalam mengangkat Duta, presiden memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat (pasal 13 Ayat 2).
● Presiden menerima penempatan duta negara lain dengan memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat (pasal 13 ayat 3)
3.) LANDASAN OPERASIONAL 
● Undang-Undang No. 37 Tahun 1999 Tentang Hubungan Luar Negri.
● Kebijakan presiden dalam bentuk keputusan presiden.
● kebijakan mentri luar negri yang membentuk peraturan yang di buat oleh mentri luar negri.

Itulah penjelasan mengenai politik luar negri indonesia yang bebas dan aktif beserta tujuan dan landasan-landasannya semoga memberi manfaat kepada kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Politik luar negri indonesia yang bebas dan aktif"